MARKETING DALAM LAYANAN KESEHATAN
Para dokter sering dikondisikan bahwa tempat Praktek-nya atau Klinik adalah sebuah tempat pelayanan kesehatan yang berlandaskan kemanusiaan (sosial) sehingga tidak layak menerapkan asas- asas marketing dalam pengelolaan usaha tersebut, padahal biaya operasional yang harus dikeluarkan oleh layanan ini cukup besar, jika “tidak” diimbangi dengan income yang sebanding maka justru bisnis ini akan mengalami kebangkrutan, bahkan sempat muncul persepsi negatif di masyarakat kedokteran bahwa Promosi Klinik atau tempat Praktek dokter adalah tabu dilakukan karena dianggap membujuk serta mengarahkan seseorang agar mengunjungi Klinik atau dokter tertentu yang mana dalam hal ini dianggap tidak etis. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa promosi merupakan salah satu media yang sangat baik untuk memberikan informasi kepada masyarakat / calon pelanggan tentang apa saja produk layanan kesehatan yang dimiliki oleh dokter atau Klinik.
Saat ini Klinik dan Praktik Dokter tidak bisa lagi dipandang hanya sebagai institusi sosial belaka, tetapi sudah menjadi institusi yang bersifat sosio-ekonomis. Dengan paradigma baru ini, maka kaidah-kadiah bisnis juga akan berlaku bagi “industri Layanan Kesehatan”, tanpa harus meninggalkan jati diri dokter/klinik sebagai institusi sosial yang sarat dengan norma, moral dan etika. Saat ini, di Indonesia belum ada pedoman pengiklanan yang jelas bagi dokter dan Klinik sehingga di banyak situasi kegiatan komunikasi tentang layanan kesehatan yang baik dan benar jadi semakin tertinggal dibandingkan dengan promosi pengobatan alternatif yang di Indonesia tidak banyak diatur oleh institusi yang legal sehingga layanan kesehatan alternatif ini bisa melakukan promosi suka – suka yang sampai pada masyarakat dianggap pula menjadi kebenaran kesehatan yang menyesatkan.
Oleh karena itu, sudah saatnya para dokter Praktik dan Klinik di Indonesia berpromosi agar masyarakat kita mendapatkan informasi yang “BAIK dan BENAR” mengenai kesehatan serta jenis layanan kesehatan mana yang sebaiknya digunakan, disini dokter dan Klinik membutuhkan media promosi untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, kami team pakar pemasaran dari PRIMKOP-IDI akan membantu dokter untuk menemukan cara - cara pemasaran Klinik dan Praktek dokter dengan metoda terbaru untuk memuaskan para pelanggan yang masih menganut dan disesuaikan dengan koridor etika kedokteran
Komentar
Posting Komentar